7 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Menggunakan Bahan Dapur

sakit telapak kaki atas saat jalan

Bila membersihkan sepatu secara biasa belum sukses, anda dapat memakai beberapa tipe bahan dapur untuk hilangkan berbau sepatu ini.

Bahan dapur? Ya, rupanya beberapa bahan yang berada di dapur dapat jadikan untuk penghilang berbau sepatu loh! Banyak bahan yang umum berada didapur yang bisa hilangkan berbau, hilangkan jamur, serta membuat sepatu bersih kembali lagi. Bahan yang dapat dipakai untuk bersihkan serta hilangkan berbau pada sepatu ialah :

1. Baking Soda

Baking soda adalah bahan dapur yang mempunyai banyak faedah, yang diantaranya bisa hilangkan berbau sepatu. Bakin soda ini bisa menghisap berbau tidak enak yang ada di sepatu dengan efisien.

  • Sebelum memakai baking soda, yakinkan dahulu sepatu ada pada kondisi kering. 
  • Membersihkan kotoran-kotoran yang kelihatan baik dibagian dalam atau luar sepatu terlebih dulu, selanjutnya taburkan baking soda. 
  • Bahan aktif dari baking soda ini akan hilangkan jamur dalam sepatu, yang umumnya adalah sumber penting berbau tidak enak. 

2. Cuka

Kecuali baking soda, cuka dapat juga digunakan untuk hilangkan berbau tidak enak pada sepatu. Untuk memakainya, campur larutan cuka dengan air dengan formasi 50:50.Selanjutnya, pakai semprotan air untuk menyemprot sisi dalam sepatu dengan cara rata serta diamkan sepanjang 30 menit. Anda dapat juga percepat proses ini dengan memakai hair dryer supaya sisi dalam sepatu cepat kering. sepatu dapat dibeli di tempat jual sepatu safety 

3. Bubuk Kopi

Bila anda adalah penggemar kopi, anda dapat juga memakai bubuk kopi untuk hilangkan berbau tidak enak pada sepatu anda. Tetapi awalnya, anda harus yakinkan terlebih dulu jika sepatu pada kondisi 100% kering.

Sebab bila tidak, ada peluang berbau tidak enak ini justru bertambah kronis. Jika anda telah percaya sepatu pada kondisi kering, cukup taburkan sedikit bubuk kopi ke sisi dalam sepatu serta diamkan sepanjang beberapa saat.

Bahan-Bahan Lain

Kecuali memakai bahan dapur, anda dapat juga menggunakan bahan yang lain yang gampang didapatkan disekitar rumah anda. Beberapa bahan ini dapat dibuktikan efisien dalam hilangkan berbau dari sepatu, sekaligus juga jaga sepatu dari bakteri serta jamur. Bahan yang disebut ialah :

4. Alkohol

Alkohol mempunyai senyawa yang bisa membunuh bakteri serta mikro organisme yang lain, yang bisa saja pemicu penting berbau sepatu. Anda dapat memakai alkohol ini untuk desinfektan yang bisa membunuh bakteri di bagian dalam sepatu anda.

Untuk memakainya, anda dapat memakai lap yang telah disemprotkan oleh alkohol serta memoleskannya pada sepatu anda. Pakai cotton bud yang telah dicelupkan cairan alkohol untuk sampai antara sepatu yang tersembunyi.

5. Kulit Jeruk, Lemon atau Lime

Jangan salah, kulit jeruk, lemon atau lime ini bisa dipakai untuk hilangkan berbau tidak enak pada sepatu dengan prima.

Ini karena kulit jeruk mempunyai muatan minyak mendasar yang bisa menguap, hingga berbau jadi hilang. Cukup simpan kulit jeruk, lemon atau lime ini semalaman, serta berbau sepatu akan menjadi wangi citrus.

6. Cat Litter

Cat litter adalah semacam pasir spesial yang umumnya dipakai untuk ‘toilet' buat kucing atau anjing. Kemungkinan terdengar konyol, tetapi cat litter ini telah dibuat dengan cara detil untuk hilangkan berbau tidak enak.

Anda dapat memakai cat litter ini dengan memasukannya pada kaos kaki yang tidak terpakai, ikat ujungnya serta input pada sepatu sepanjang semalaman. Paginya, anda akan temukan sepatu anda tidak berbau tidak enak lagi.

7. Menjaga Kaki Anda

Kecuali sepatu, kaki anda juga janganlah lupa harus terus dirawat. Bisa kaki anda yang menjadi sumber penting berbau sepatu. Sebelum memakai sepatu, yakinkan kaki anda bersih, kering, serta bebas dari berbau.

Lihat kaos kaki yang anda gunakan, apa masih wajar gunakan atau mungkin tidak. Bila begitu kotor, bakteri yang berada di kaki serta kaos kaki akan melekat pada sepatu yang akan mengakibatkan berbau tidak enak.

Komentar